Ikuti @TKD_AntasariBJM

Manfaat Taekwondo Hingga akhirnya tertarik Taekwondo




Halo teman!
Kali ini saya akan membahas tentang salah satu olahraga seni beladiri asal Korea yaitu Taekwondo.  Taekwondo, Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya, Apa sich manfaat Taekwondo? apa sih yang bisa diambil dari taekwondo? toh kita juga kalo berantem di luar juga asal-asalan asal tonjok yang penting kena.. emangnya mikirin pake jurus segala.. apalagi musti ambil kuda-kuda segala kan ribet! mending ambil batu aja yang gede terus timpuk deh ke mukanya, kan kelar tuh..
hey bung come on! menurut L apakah semua itu kelar dengan begitu saja? apakah manfaatnya hanya untuk berantem saja?  Emangnya kuat ngelempar batu yang segitu gedenya ?  oke untuk membuka pikiran anda mari kita lihat hal-hal berikut!
  
      Kenapa harus taekwondo?
  1. taekwondo merupakan dasar-dasar dari gerakan bela diri lainnya (terbukti dari teman saya yang belajar bela diri lain juga mempelajari teknik yang sama hanya di tambah variasi saja sedikit).
  2. Terhindar dari cedera parah karena pemanasannya di lakukan menyeluruh dan lama.
  3. Pola gerakan taekwondo sangat indah dan sistematis.
  4. taekwondo bukan hanya mengajarkan untuk bertarung tapi juga megajarkan bagaimana cara untuk mendisiplinkan diri.
  5. Taekwondo terkenal dengan tendangannya, walaupun tidak setangkas tangan, kaki mempunyai keunggulan dalam jangkauan jarak dan kekuatan.. apabila dilatih dengan baik maka akan menjadi senjata yang mematikan..

Kenapa saya masuk taekwondo?
Sebenarnya saya bertemu dengan Taekwondo berawal dari ketidak sengajaan. Ketika itu saya masih semester 2. Sebetulnya saya lebih berminat dengan KSR namun berhubung kala itu saya masih asrama jadi tidak bisa mengikuti workshopnya, ya mau tidak mau, suka tidak suka saya ambil UKM ini .. daripada saya hanya bengong dikos dan pelototin tugas mulu, mendingan cari aktivitas, ya itung2 sambil menyelam tenggelam lah pokoknya.. Lho salah ya..hha (gawat bisa kena marah nih ,,mianhae oppa eonni..sekarang saya serius ikutan Taekwondo J)
Tapi setelah lama saya aktif di taekwondo saya pun mulai menyukai dan mencinta UKM ini karna apa ?? sangat banyak manfaat dan pelajaran yang saya dapat dalam UKM Taekwondo in..mau tau ?? ayoo baca lagi..
Manfaat Taekwondo ?
Taekwondo mempunyai banyak kelebihan, tidak hanya mengajarkan aspek fisik semata tapi juga sangat menekankan pengajaran aspek disiplin mental, dengan demikian akan membentuk sikap mental yang kuat dan etika yang baik. Taekwondo mengandung aspek fillosofi yang mendalam sehingga dengan mempelajari Taekwondo pikiran, jiwa dan raga kita secara menyeluruh akan di tumbuh dan kembangkan.. gak percaya? Boleh coba.. :) 
Dan berawal dari taekwondo lah saya menjadi seperti sekarang ini (emang sekarang jadi apa ya??)hahah.. di taekwondo saya juga diajarkan bagaimana sopan santun, kedisiplinan, memanagement waktu maupun keuangan dan diajarkan pula bagaimana menjadi pemimpin di depan, solidaritas yang tinggi, bagaimana berorganissi dan juga semangat kekeluargaan yang begitu kental! Alah bahasanya keberatan euy.. pokonya banyak deh..haha
Tidak hanya itu manfaatnya sangat terasa ketika saya mulai rutin menjalani olah raga bela diri ini.. terutama perubahan yang paling mencolok adalah dari segi kebugaran jasmani saya..  saya menjadi jarang sakit dan juga terhindar dari kelelahan yang berarti dalam beraktivitas.


Okk yoeja, eonni, yeo-dongsaeng ini wajib kudu harus dibaca yaa...

DIBALIK KEANGGUNAN
TERDAPAT KEGARANGAN (MAHIR BERBELA DIRI)
Bagi wanita bela diri memeng perlu bahkan sangat dibutuhkan, Kenapa ??? karena sering kali wanita itu dianggap remeh oleh kaum pria.
Tetapi ilmu beladiri yang kita punya tidak harus selalu di perlihatkan atau di tonjolkan ke khalayak umum seperti : berpenampilan preman, selalu merendahkan kaum pria, memalak, bermimik muka sinis pada setiap orang yang melihatnya.
Twtwpi justru beladiri seharusnya ditutupi dengan keindahan dan keanggunan seorang wanita dengan penampilannya yang anggun karna berpenampilan seperti itu akan lebih dihargai oleh masyarakat dibandingkan berpenampilan seperti preman, masyarakat akan memberi segi atau pandangan yang negatif pada wanita yang berpenampilan seperi preman, keluarganyapun akan merasa malu dan dia akan cenderung dijauhi oleh orang-orang, tetapi ketika kita menutupi kegarangan itu dengan penampilan yang baik dan ramah kita akan dihargai oleh masyarakat, keluarga dan teman-teman.
Dan dibalik keanggunan tersebut kita memiliki INSTING FIGHTER (bela diri) untuk menghadapi segala sesuatu yang negatif dan akan mencemarkan nama baik kita,,,,jadi ternyata bela diri taekwondo juga bisa membuat seorang wanita tampak feminim dengan bodi atletis yang terbentuk.

Oh iya..tau ga seeehh..ini nih satu lagi Taekwondo itu bisa membuat wanita sehat luar dalam apa yahh kalo bahasa org sekarang itu Taekwondo, Makes Women Healthy Inside and Outside
Kenapa bisa begitu ?? ini dia jawabannya ..
Berikut manfaat dan kegunaan Taekwondo;

1. Karakteristik dasar taekwondo adalah sebagai olahraga pertarungan perkelahian bebas dengan menggunakan tangan kosong dan kaki untuk memukul mundur lawan.

2. Seluruh pergerakannya berdasarkan prinsip semangat untuk bertahan sebagaimana taekwondo dikembangkan sebagai pertahanan terhadap serangan musuh.

3. Bagi seseorang yang sudah terlatih, melalui pergerakannya saja sudah menjadi senjata. Dan bagi wanita yang sudah terbiasa dengan olah raga ini dapat mengalahkan penjahat dengan pergelangan tangan, kepalan, siku, lutut, kaki atau bagian tubuh lainnya.

4. Pembentukan mental. Poin ini yang penting bagi kaum wanita, sebab dengan taekwondo dia memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Namun tetap harus diimbangi dengan sikap  rendah hati.

5. Sehat luar dalam. Disadari atau tidak, dengan tubuh yang sehat akan membuat seorang wanita  hidup lebih aktif dan bertenaga. Sebagaimana jiwa dan fisik, percaya diri sangat bermanfaat bagi kehidupan jiwanya sehingga tampil fresh di depan umum.

6. Melindungi diri. Ini yang terpenting bagi wanita yang berlatih taekwondo, ia bisa melindungi dirinya dari serangan orang yang ingin berbuat jahat kepada dirinya. Juga bisa membantu oranglain yang dalam keadaan berbahaya.
Tuuuhhhh kaaann udah jelas banget kenapa Taekwondo itu sangat penting dan baik..come on jgn ragu lagi untuk berlatih taekwondo..toh untuk kebaikan diri kita sendiri..iya ga’ seehh iya kaan iyaa doongg..
Dadahhhh..next time aku bakal cerita cerita lagi dehh tentang taekwondo untuk sekarang cukup dulu ya...
Salam titik dua tutup kurung J

OH IYA..PERSEMBAHAN TERAKHIR NIH..

Ini sedikit gambaran waktu pertama aku masuk Taekwondo dan ini benar-benar terjadi pada diriku saat itu..Yaa itung-itung buat lucu-lucuan maaf yaa kalo ga’ lucu..

Kalian pasti tau kan gimana rasanya ketika mengikuti sesuatu yang baru kita coba..rasanya seneng-seneng gimana.. gitu..Iya kaaannn???

Lari-lari beberapa keliling aja ga’ berasa..ya walaupun pada akhirnya ngos-ngosan juga..tapi gengsi dong ketika ditanya ama sabaem atau pelatih capek ga ?? ya bilang engga lah masa gitu aja ka’o

Yaa... walaupun sebenarnya dalam hati sihh emang bener-bener ga’ kuat ya maklum lah baru perdana..


Tapi aku tetap belum menyerah..ini kan masih awal masa kalah sama anak kecil kan malu..jadi ku putuskan untuk tetap semangat..


Tapi tak bisa dipungkiri ..hari itu adalah hari yang super duper melelahkan..sampe sampe ni kaki pas di kos aku naikin aja ke atas karna sakit luat biasa..dan yang paling sedih itu saat bangun tidur,,eeeng ingg enggg,,tadaaaa apa yang terjadi..???

Ni badan udah ga’ bisa gerak rasanya kaya ngangkat beban aja gitu yang beratnya ga’ ketulungan..hhuuuffthh


Tapi itu hanya permulaan..mana ada sih sesuatu itu kita bisa langsung dapatkan dan kita raih dengan mudah..semuanya itu pasti butuh perjuangan..lihat aja sekarang buktinya aku sangat menikmati aktivitas dan organisasi ku ini,,I LOVE TAEKWONDO..SARANGHAEO





















Bagikan artikel ini :


1 comment

1 komentar:

○○○○○○WTF○○○○○○

○○○Induk kami○○○